Beberapa Trend Modifikasi Dress Batik Pendek untuk Wanita

Dress adalah salah satu model baju wanita yang bisa menampilkan sisi feminimnya. Dress sendiri dibagi menjadi 2 jenis yaitu dress panjang hingga mata kaki atau dress pendek di atas lutut atau setengah betis. Keduanya sama-sama memiliki cir khas baju terusan dari atas hingga ke bawah sehingga sering juga disebut sebagai terusan wanita. Baju dress wanitabukan hanya dibuat dari bahan kain khusus untuk pesta namun juga bahan katun atau batik yang membuatnya tetap bisa dipakai untuk berbagai jenis kegiatan. Seperti pada dress batik misalnya, Anda bisa menggunakannya bersantai di rumah, bekerja ataupun menghadiri pesta pernikahan.

Batik yang memiliki banyak motif dan coraknya bisa menjadi hiasan dan model tersendiri bagi pakaian. Meski memiliki satu design yang sama, asalkan motif batik yang digunakan berbeda-beda, orang akan sulit untuk mengetahui bahwa sebetulnya Anda menggunakan model pakaian yang sama. Karena itulah memiliki banyak dress dari bahan batik bisa digunakan sebagai cara mengoleksi pakaian kerja hingga pakaian pesta jika Anda menyukai satu model tertentu.

Dress pendek dari bahan batik menjadi salah satu alternatif model dress wanita yang feminim. Bisa digunakan ke kantor maupun acara pesta dan santai lainnya. Pada dasarnya model dress pendek ini cukup sederhana yaitu dengan terusan hingga ke lutut atau setengah betis, namun bisa dimodifikasi dengan berbagai cara untuk mendapatkan koleksi dress pendek yang tak membosankan. Jika Anda adalah seorang penjahit atau ingin menjahitkan bahan kain batik sebagai dress pendek, berikut ini adalah beberapa trend modifikasi dress pendek yang bisa Anda terapkan :

Lengan terbuka

WARANGKA BATIK – Layla Half-Moon Midi Dress – Blue. Source : Bobobobo.com

Dress pendek umumnya memiliki lengan pendek juga. Namun bentuk lengan pendek yang bisa digunakan ada berbagai macam. Salah satunya adalah dengan menggunakan lengan terbuka dimana di bagian pundak memiliki belahan sehingga nampak dari luar. Dengan adanya bagian terbuka tersebut, lengan nampak terpisah dari baju utama meski pada dasarnya tetap menyatu di jahitan bagian bawah lengan.

Lengan bundar atau berkerut

Modifikasi bagian lengan lainnya bisa dilakukan dengan menggunakan lengan bundar atau serut. Bagian lengan akan tampak menggembung yang sesuai untuk tema pesta maupun santai. Ujung luarnya terdapat karet sebagai perekat agar lengan tetap menggembung.

Tanpa lengan

WARANGKA BATIK – Layla Half-Moon Midi Dress – Navy. Source : Bobobobo.com

Modifikasi lengan berikutnya adalah dress pendek tanpa lengan. Jika Anda cukup percaya diri dengan kulit Anda, maka pilihan model akan tepat untuk berbagai suasana santai.

Kerah berdiri

Modifikasi berikutnya adalah pada bagian kerah. Kerah berdiri ala pakaian Tionghoa telah menjadi salah satu model yang banyak digunakan terutama untuk dress pendek. Dengan kerah yang berdiri Anda akan memiliki tampilan simple namun tetap elegan.

Kerah potongan rendah

Kerah potongan rendah hingga di atas dada dan menampakkan tulang iga bisa juga dikombinasikan terutama untuk dress dengan bagian bawah yang press body.

Tanpa kerah

Potongan bagian atas yang tanpa kerah seperti pada penggunaan kancing samping juga akan memberikan kesan minimalis di penampilan Anda. Padukan dengan dress pendek yang ketat untuk keperluan santai hingga menghadiri pesta.

Ikat pinggang

Jika Anda ingin tampil feminim dengan menunjukkan lekuk tubuh, tambahkan ikat pinggang untuk menekan dress. Dengan begitu tubuh akan semakin terlihat ramping bahkan bagi mereka yang memiliki tubuh lebih lebar.

Double layer

Bagian bawahan juga bisa dijahitkan di bagian belakang kain pinggang sehingga membentuk tampilan dress 2 pieces padahal tetap menjadi 1 bagian. Untuk bagian luar, beri aksen gelombang untuk menegaskan adanya potongan antara bagian atas dan bawah.

Bawahan yang mengembang

Bagian bawah merupakan modifikasi yang paling penting dari dress batik karena banyak dilihat. Salah satu jenis modifikasi yang bisa Anda berikan adalah penggunaan dress bawah yang mengembang dengan wiru.

Bawahan segi tiga

Berikan bagian belakang lebih panjang dan meruncing di tengah sedangkan bagian depan tetap datar untuk menambah cantik penampilan Anda. Model ini pas untuk digunakan dalam acara pesta yang akan membuat Anda tampil dengan lebih semarak.

Sweeter dress

Model ini menggunakan 2 jenis kain yaitu kain katun dengan warna polos dan kain batik. Kain katun dipakai sebagai dress dalam sedangkan kain batik digunakan sebagai jaket atau sweeter luar yang membungkus dress dalam. Bagian depan dibiarkan sedikit terbuka untuk memperlihatkan warna dress dalam yang senada dengan kain batik.

Pita di pinggang

Selain ikat pinggang, berikan variasi pita besar di bagian pinggang untuk menambah cantik dress pendek Anda.

Bawahan yang panjang di bagian samping

Selain memanjang di bagian belakang, dress pendek juga bisa Anda modifikasi dengan memanjangkan bagian samping dari bawahan dress. Model ini akan terlihat lebih glamour jika Anda memberikan lipatan-lipatan pada kain yang memanjang tersebut. Cocok dipadukan dengan atasan model kebaya sehingga pas untuk acara pesta.

Model kaftan atau kelelawar

Selain model yang feminim, dress juga bisa dibentuk dengan model kaftan atau kelelawar yang memiliki ciri lengan panjang dan longgar di bagian samping namun tetap tertutup.

Berbagai modifikasi di atas bisa Anda gunakan untuk membuat dress pendek menjadi lebih cantik dan unik. Untuk modifikasi lainnya, bisa Anda cari dan temukan di berbagai sumber seperti majalah fashion, internet, televisi hingga di boutique-boutique ternama yang ada di kota Anda. Semakin kaya sumber inspirasi yang dimiliki Anda juga akan memiliki pilihan yang semakin beragam untuk membuat beberapa dress pendek sebagai koleksi pribadi.

WARANGKA BATIK – Navy Sovii Peplum Midi Dress. Source : Bobobobo.com

Dress pendek yang tercipta dengan model-model tertentu dapat digunakan sesuai dengan sifatnya seperti dress formal dengan kerah digunakan untuk bekerja, sedangkan dress dengan bagian bawah yang melebar bisa dipakai untuk acara yang lebih santai. Jika Anda menyukai salah satu model, seperti yang telah disampaikan di atas, membuatnya dari beberapa motif kain batik juga bisa dilakukan untuk menambah koleksi pakaian sehari-hari. Dress sendiri bukan hanya bisa dipakai untuk acara di luar rumah yang formal dan ramai namun juga untuk dipakai di dalam rumah sebagai baju santai bahkan baju tidur. Dengan pemilihan kain batik yang tepat, dress tidur batik tetap nyaman digunakan tak kalah dengan baju tidur modern.

Tunggu apalagi, segera perbanyak koleksi dress batik Anda dengan memilih modifikasi mana yang akan dipakai sebagai koleksi unik tahun ini. Sebelum memutuskan ada baiknya bertanya pada teman atau keluarga mana yang cocok untuk Anda sesuai dengan bentuk tubuh dan kebutuhan. Dengan memiliki koleksi dress dari bahan batik dalam jumlah cukup banyak, Anda akan bisa menggunakannya secara bergantian baik untuk keperluan kerja atau yang bersifat formal hingga untuk acara keluarga seperti arisan, menghadiri resepsi pernikahan hingga ke acara santai di rumah sehari-hari.