Apakah kamu masih konsisten dengan pola hidup dan pola makan yang teratur? Tidak ada alasan bagimu untuk berhenti melakukan itu karena semakin sering kamu menerapkannya, semakin meningkat pula kualitas hidupmu.

Tapi, tahu kah kamu bahwa di antara semua hal tersebut, tanpa disadari ada beberapa kebiasaan sehat yang justru berbahaya bagi pencernaan, loh! Kebiasaan-kebiasaan itu berpotensi merusak usus dan pencernaan kamu. Sehingga, dapat menyebabkan sembelit, sistem pencernaan tidak lancar dan sebagainya.

Kebiasaan Sehat yang Malah Membahayakan Pencernaan

Usus adalah salah satu bagian tubuh yang punya peran penting bagi kesehatan secara menyeluruh. Nggak hanya membantu menyerap nutrisi dari makanan, usus pun memiliki pengaruh besar terhadap kekuatan imun kamu.

Namun, usus juga dapat terserang berbagai penyakit, misalnya sembelit dan diare. Penyebabnya bisa jadi karena sering mengonsumsi makanan yang kurang higienis atau melakukan kebiasaan-kebiasaan tertentu. Meskipun dinilai sehat, kebiasaan berikut nggak jarang bikin seseorang bermasalah dengan penyakit pencernaan, loh!

1. Mengonsumsi Terlalu Banyak Serat

Makanan berserat, kayak sayuran, buah-buahan, gandum dan kacang-kacangan emang sangat baik buat kesehatan. Beragam manfaatnya, antara lain mengurangi resiko hipertensi, stroke dan penyakit hati serta mengatasi berbagai masalah pencernaan.

Tapi, kamu harus sebisa mungkin membatasi konsumsinya, ya, agar tidak mengakibatkan gangguan pada usus. Apalagi kalo kamu udah mulai sering ngalamin sembelit.

2. Berlebihan dalam Mengonsumsi Protein

Diet protein, menurut University of Michigan Health System, bisa membantu proses pembentukan serta pemulihan jaringan tubuh, seperti otot dan kulit. Protein juga dipercaya mampu memperkuat dan meningkatkan kesehatan tulang.

Akan tetapi, seorang ahli gastroentorologi dari klinik Cleveland Christine Lee mengatakan sebaliknya. Menurutnya, mengonsumsi protein secara berlebihan justru dapat menghambat penyerapan karbohidrat yang mengakibatkan tubuh kekurangan serat. Sehingga, kamu mungkin akan mengalami kondisi, seperti sembelit, perut kembung atau bahkan penyumbatan pada usus.

3. Mengonsumsi Suplemen

Apakah kamu termasuk orang yang rutin mengonsumsi vitamin? Jika iya, ketahui lah bahwa beberapa vitamin dan suplemen, seperti zat besi serta magnesium bisa menimbulkan masalah pada sistem pencernaan, terutama bila dikonsumsi dalam dosis tinggi.

Menurut ketua pengawas medis sekaligus pendiri PlushCare, James Wantuck, suplemen zat besi dapat menyebabkan sembelit pada beberapa kasus. Berdasarkan laporan ODS (Office of Dietary Supplements), terlalu banyak mengonsumsi magnesium dari suplemen juga bisa sebabkan seseorang alami diare.

4. Mengonsumsi Probiotik

Produk dengan kandungan probiotik umumnya memang aman dikonsumsi. Tapi, nampaknya probiotik nggak selalu membawa manfaat positif bagi tubuh. Bahkan, ada penelitian yang menunjukkan bahwa probiotik dapat memicu sembelit, perut kembung, mual hingga diare.

5. Bangun Lebih Pagi Untuk Berolahraga

Kebiasaan sehat yang justru berbahaya bagi pencernaan berikutnya adalah bangun pagi-pagi untuk berolahraga. Meski kedengarannya menyehatkan, kebiasaan tersebut ternyata dapat mengganggu siklus tidur dan memberikan efek buruk bagi suhu tubuh serta pencernaan.

Sebuah riset yang dilakukan pada tahun 2014 menunjukkan gangguan pola tidur bisa menyebabkan masalah pada pencernaan, di antaranya refluks, radang usus hingga kanker saluran cerna. Solusinya, kamu harus mengatur jadwal olahraga yang tepat supaya nggak mengganggu jam tidur.

6. Lari Jarak Jauh

Olahraga lari emang punya banyak manfaat buat kesehatan. Bahkan lari selama satu menit per hari aja bisa meningkatkan kesehatan tulang, loh, khususnya bagi perempuan. Tapi, beberapa orang kadang merasa ingin buang air besar ketika melakukannya.

Menurut Edward Laskowski, seorang ahli kesehatan olahraga, diare merupakan penyakit yang umum dialami oleh pelari jarak jauh. Untuk mengantisipasinya, tetap jaga hidrasi tubuh dan hindari kafein serta makanan berserat sebelum lari.

Selama ini mungkin kamu nggak tahu kalau kebiasaan-kebiasaan di atas bisa berdampak buruk bagi usus. Sebenarnya, kebiasaan sehat yang justru berbahaya bagi pencernaan tersebut tidak perlu dihindari. Kamu hanya harus melakukannya sesuai dengan aturan yang ada.

Dan jika mengalami masalah pencernaan, segera lah mengunjungi dokter agar diberikan perawatan yang tepat.