Seiring dengan bertambahnya usia, postur tubuhmu akan semakin membungkuk. Apalagi kalau kamu sering melakukan kebiasaan buruk, seperti duduk berlama-lama di depan laptop. Nggak usah nunggu sampai tua, beberapa tahun lagi aja kamu dapat beresiko mengalaminya!  Tapi, mumpung sekarang kamu masih bisa bergerak dengan luwes, lakukan olahraga untuk perbaiki postur tubuh bungkuk berikut!

Olahraga Untuk Memperbaiki Postur Tubuh Bungkuk

Pernah denger kifosis, nggak? Orang yang mengalaminya memiliki tulang belakang yang melengkung ke depan, melebihi batas normal. Jadi, postur tubuh mereka terlihat membungkuk. Kondisi ini dialami oleh 20-40% orang tua. Tapi, nggak bisa dipungkiri kalo sekarang anak-anak muda pun beresiko untuk mengalaminya.

Pada umumnya, kifosis disebabkan oleh sikap tubuh yang buruk atau kelainan dari lahir. Penelitian yang diterbitkan dalam Osteoporosis Internasional menemukan bahwa latihan penyambungan tulang belakang yang dilakukan sebanyak 3 kali per minggu selama setahun bisa memperbaiki kondisi tersebut. Nah, berikut beberapa olahraga yang bisa kamu lakukan guna memperbaiki postur tubuh yang buruk:

1.     Wall Slides

Metode pertama yang dapat kamu lakukan untuk memperbaiki postur tubuh yang buruk ialah peregangan dada. Awali dengan berdiri tegak dengan punggung menempel sejajar pada dinding. Tapi, beri sedikit jarak antara telapak kaki dengan dinding.

Kemudian, regangkan tulang dada dengan menekan punggung ke dinding yang datar seraya menekuk lutut. Letakkan kedua punggung tanganmu di dinding. Lalu, geser tubuhmu ke kiri. Ketika melakukannya, kamu harus dapat merasakan peregangan yang terjadi di area dada dan bahu. Selanjutnya, tahan posisi itu selama beberapa detik, baru ganti ke posisi kanan.

2.     Upper Back

Sesuai dengan namanya, latihan yang satu ini fokus pada upper back atau punggung bagian atas. Untuk melakukannya, kamu membutuhkan busa rolling. Letakkan busa tersebut di bawah tulang belikat. Tekuk lututmu dan pastikan kakimu mencapai lantai.

Kemudian, taruh kedua tangan di belakang kepala. Angkat pelan-pelan. Setelah itu, naik-turunkan pinggul selama 10-15 detik. Ulangi dari awal.

3.     Doorway Stretch

Olahraga untuk perbaiki postur tubuh bungkuk berikutnya adalah doorway stretch. Sesuai namanya, gerakan ini memanfaatkan pintu sebagai titik tumpu untuk menahan berat tubuh. Buka pintu dan berdiri lah di tengah-tengahnya. Kemudian, angkat kedua lenganmu ke kiri dan kanan kerangka pintu sembari menekuk siku hingga 90 derajat.

Lalu, langkahkan salah satu kakimu ke depan. Pegang kerangka pintu erat-erat seraya mendorong tubuhmu ke depan sampai kamu bisa merasakan peregangan di dada. Tahan selama 10 detik dan mulai lagi.

4.     Prone Y

Kamu dapat memulai olahraga ini dengan membaringkan tubuh di atas lantai atau matras. Luruskan posisi kaki dengan bahu. Kemudian, angkat kedua lenganmu hingga tubuh membentuk huruf ‘Y’. Tahan selama 5-10 detik dan mulai lagi dari awal.

5.     Resistance Band Row

Saat ke gym, kamu dapat melakukan latihan ini dengan bantuan alat mesin kabel elastis. Tapi, kamu juga bisa menggunakan tali sebagai media yang dibuat seperti cara kerja mesin kabel. Pertama-tama, berdiri lah dengan kedua tangan memegang resistance band. Lalu, tarik band dan usahakan posisi kepala, bahu serta punggung tetap lurus. Lakukan sebanyak tiga set.

6.     Pose Kobra

Sama dengan namanya, pose ini mirip seperti pose ular kobra. Di samping dapat memperkuat tulang belakang, pose kobra bisa mewujudkan keinginanmu untuk mengecilkan perut. Baringkan lah tubuhmu dalam keadaan menelungkup. Sejajarkan perut dengan lantai dan pastikan kedua tanganmu ada di bawah bahu. Arahkan jari-jari ke depan dan rapatkan kaki.

Lalu,dekatkan siku dengan sisi tubuh dan sentuhkan ke kedua tulang belikat. Kemudian, stabilkan punggungmu dengan mengencangkan otot-otot perut. Setelah itu, angkat dadamu perlahan dan dongakkan leher. Tahan selama 10 kali tarikan napas sebelum diturunkan. Ulangi gerakan sebanyak 3 set.

Dengan menerapkan olahraga untuk perbaiki postur tubuh bungkuk di atas secara rutin, kamu nggak cuma bisa mendapatkan postur tubuh yang tegap, melainkan berbagai manfaat kesehatan secara keseluruhan. Variasikan gerakannya supaya nggak bosan!