Sembelit di tengah perjalanan? Pasti nggak mengenakkan banget, kan? Mau ngapa-ngapain serba nggak nyaman. Bahkan, untuk sekadar memejamkan mata sejenak saja pun mungkin tidak bisa. Alhasil, ketika sampai di tujuan, bukannya semangat, tubuhmu malah tambah lemas.

Gimana kalo abis itu kamu harus ketemu klien atau menuju lokasi destinasi wisata yang tiketnya sudah dibooking jauh-jauh hari? Tentu aktivitasmu jadi kurang maksimal. Supaya nggak terkena ‘musibah’ tersebut, lakukan beberapa tips mencegah sembelit ketika bepergian di bawah ini!

Mencegah Sembelit Saat Bepergian

Kamu pasti pernah, bukan, mengalami sulit buang air besar saat melakukan perjalanan ke suatu tempat, baik menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Biasanya karena duduk terlalu lama atau mengurangi makan dan minum supaya nggak wara-wiri ke kamar mandi.

Akibatnya, kamu jadi terkena sembelit dan nggak nyaman selama di perjalanan. Tapi, tenang, beberapa tips untuk mencegahnya, yakni:

1. Sarapan dengan Menu Makanan yang Sehat

Apakah kamu termasuk orang yang punya kebiasaan buang air besar di pagi hari? Jika iya, kamu bisa memanfaatkannya untuk mencegah sembelit dengan sarapan terlebih dulu sebelum berangkat. Tapi, pastikan untuk memilih menu sarapan yang sehat supaya sistem pencernaanmu nggak terganggu. Misalnya, mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak untuk memicu divestasi hormon yang dapat memudahknmu BAB.

2. Perbanyak Minum Air Putih

Di antara sekian penyebab sembelit, dehidrasi adalah salah satunya. Yang terjadi saat kekurangan cairan ialah tubuhmu akan menjaga keseimbangan air dengan cara menyerapnya dari usus. Sehingga, mengakibatkan tekstur feses jadi lebih keras dan bikin kamu sulit BAB.

Oleh karenanya, supaya tubuh terhidrasi, kamu wajib memperbanyak minum air putih, jus buah atau cairan bening seperti kuah sup. Dengan begitu, fesesmu akan lebih lunak dan BAB pun jadi lebih lancar.

Penyuka susu? Hindari dulu, deh, mengonsumsinya selama bepergian. Sebab, minuman ini bisa picu sembelit. Selain susu, beberapa minuman lainnya, seperti teh, kopi, cola dan minuman beralkohol juga harus dihindari selama perjalanan, sebab akan membuatmu lebih cepat haus serta dehidrasi.

3. Jangan Tahan BAB

Menahan buang air kecil dan buang air besar adalah kebiasaan buruk yang kerap dilakukan ketika tengah bepergian. Biasanya, kamu rela nahan BAB karena males buat minggirin kendaraan dan pengen lekas sampai ke tujuan. Alasan lainnya, yaitu safe toilet syndrome alias nggak nyaman kalo harus  menggunakan toilet umum.

Padahal, kalo hasrat tersebut kamu tahan-tahan malah bikin sembelit jadi makin parah, loh! Sebab, feses yang ada dalam usus bakal mengeras dan membuatmu sulit untuk BAB. Maka dari itu, segera lah pergi ke kamar mandi setiap kali kamu merasa ingin BAB agar tidak menyebabkan sembelit yang justru mengganggu perjalananmu.

4. Minum Air Hangat

Selain sarapan, ini, nih, tips mencegah sembelit ketika bepergian yang nggak kalah ampuh. Mengonsumsi minuman hangat di pagi hari bisa membantu melunakkan feses dan melancarkan rutinitas BAB-mu sehari-hari.

Kalo kamu terbiasa minum kopi di pagi hari, seharusnya kamu terhindar dari sembelit. Soalnya, kopi mengandung zat yang bisa menstimulus gerakan usus dan memperlancar BAB. Tapi, seperti yang telah disebutkan, kamu nggak dianjurkan untuk minum kopi selama perjalanan guna mencegah dehidrasi.

5. Konsumsi Makanan Berat Dibanding Camilan

Saat bepergian, sebagian dari kamu pasti lebih memilih untuk mengonsumsi camilan karena lebih ringan dan praktis. Mungkin menurutmu nggak masalah, asal perut kenyang dan perjalanan nggak terganggu.

Padahal, sistem pencernaanmu nggak mendeteksinya sebagai makanan harian. Sehingga, dibanding makanan berat, camilan nggak bisa merangsang gerakan usus buat mendorong feses keluar. Ini lah yang menyebabkan kamu rentan mengalami sembelit. Lebih baik, sebisa mungkin pilih lah makanan berat dibanding sekadar menyantap camilan.

6. Hindari Makanan Cepat Saji

Sama dengan camilan, makanan cepat saji atau junkfood emang praktis buat dikonsumsi saat bepergian. Tapi, sayangnya, makanan ini minim serat dan kandungan nutrisi yang tentunya bikin kamu kesulitan buat BAB. Oleh karena itu, hindari lah makanan-makanan, seperti pizza, ayam goreng, keripik, makanan yang dipanggang dan semacamnya.

Lebih baik, konsumsi lah yoghurt karena minuman ini mengandung probiotik yang baik untuk melancarkan sistem pencernaan. Kamu juga dapat memakan oatmeal atau lean meat untuk menghindari sembelit selama perjalanan.

7. Memperbanyak Asupan Serat

Serat adalah nutrisi yang paling baik untuk mencegah sembelit. Sebab, kandungan gizi yang satu ini bermanfaat untuk melancarkan kontraksi usus, sehingga memudahkan feses untuk keluar. Sumber serat yang dapat kamu pilih, di antaranya sayuran, buah-buahan, gandum utuh dan roti.

Tapi, jangan mengonsumsi buah dan sayuran yang masih mentah, ya, karena rentan dengan bakteri yang menyebabkan diare. Sebelum berangkat, siapkan buah dan sayuran dari rumah. Lebih higienis dibanding membelinya di perjalanan.

8. Melakukan Peregangan Ringan

Perjalanan jarak jauh tentu bikin kamu lebih banyak menghabiskan waktu untuk duduk. Nggak hanya membuat ruang gerakmu terbatas, hal itu lama-kelamaan bisa bikin kamu ngalamin konstipasi. Guna menyiasatinya, lakukan peregangan ringan sebelum berangkat.

Misalnya, dengan menjelajahi stasiun sembari menunggu kereta datang. Namun, kalau kamu mengendarai mobil, istirahat lah sebentar dan lakukan gerakan-gerakan ringan agar badanmu nggak pegal-pegal.

9.Tetap Tenang dan Rileks

Berada terlalu lama di perjalanan seringkali membuat kamu mudah lelah dan stress. Apalagi, kalau dilanda kemacetan yang nggak kunjung selesai. Kamu perlu berhati-hati, sebab stress tersebut bisa mempengaruhi sistem pencernaan, loh!

Untuk mengatasinya, kamu dapat mendengarkan musik, bermain game di ponsel, membaca buku favorit atau melakukan latihan pernapasan. Jika pikiranmu tenang dan rileks, sembelit pun bisa dihindari.

Sembelit pas lagi nge-trip emang nggak enak. Apalagi kalo nggak segera sampai di lokasi tujuan. Yang ada malah stress dan bikin sembelitmu makin parah. Untuk meminimalisir hal itu, terapkan tips mencegah sembelit ketika bepergian di atas!