Selama ini, olahragamu ngapain aja? Apakah cuma jogging, senam, nge-gym atau yoga? Seperti yang kita tahu, jenis gerakan dalam olahraga itu bervariasi. Kalo kamu ngelakuin gerakan yang sama terus, tentu bakal bosan. Alhasil, kamu jadi ogah-ogahan buat berolahraga. Jika demikian, berarti udah waktunya kamu nyobain gerakan olahraga yang berbeda. Zumba bisa jadi alternatifnya, loh! Di samping dapat menurunkan berat badan, ada banyak sekali manfaat gerakan zumba untuk kesehatan fisik dan mental. Apa saja kah itu?

Manfaat Zumba Untuk Kesehatan

Zumba adalah sebuah latihan kebugaran yang dewasa ini makin populer. Sebab, olahraga yang berasal dari Columbia itu dinilai nggak hanya efektif untuk membakar kalori, melainkan sangat menyenangkan buat dilakukan.

Zumba sendiri merupakan olahraga yang memadukan antara elemen tarian dan aerobik dengan berbagai gaya yang terinspirasi dari Amerika. Gerakan-gerakan dansa, seperti salsa, cha-cha, tango hingga flamenco dengan iringan musik yang ceria tentunya bakal membuatmu semakin bersemangat. Selain nurunin berat badan, berikut manfaat dari gerakan Zumba yang perlu kamu tahu:

1. Memperbaiki Postur Tubuh

Seiring bertambahnya umur, postur tubuh seseorang semakin berubah. Dari yang awalnya tegak, jadi membungkuk. Apalagi kalau orang tersebut nggak pernah berolahraga dan sering melakukan kebiasaan yang bisa mempengaruhi postur tubuh.

Kalo kamu pengen punya bentuk tubuh yang tegak dan bagus, meski usia semakin bertambah, Zumba lah solusinya. Gerakan Zumba bisa melatih sekaligus meregangkan sendi serta membuat hampir seluruh otot tubuh bergerak. Sehingga, ketegangan pada tubuh pun berkurang.

Dengan tubuh yang lebih rileks dan fleksibel, tentu postur tubuhmu bakal lebih baik. Kamu pun juga terhindar dari resiko cedera pada sendi dan otot.

2. Full Body Workout

Sebagai latihan kebugaran yang berbentuk tarian, Zumba termasuk full-body workout. Sebab, seperti yang telah disebutkan, olahraga ini menggerakkan hampir semua bagian otot pada tubuh. Beda sama gerakan gym workout yang melatih tiap-tiap otot secara bergantian. Dengan demikian, workout pun jadi lebih efisien dan tubuhmu bakal terbentuk dengan baik.

3. Meningkatkan Kemampuan Koordinasi Tubuh

Manfaat gerakan Zumba untuk kesehatan fisik dan mental yang berikutnya nggak hanya bisa kamu rasakan saat ini, melainkan ketika telah bertambah tua nanti. Gerakan Zumba yang multitasking akan membantu meningkatkan kemampuan koordinasi tubuh dan menjaga agar tubuh selalu dalam bentuk serta kondisi yang prima.

Dengan kemampuan koordinasi tubuh yang meningkat, tubuhmu bakal terlindungi dari berbagai kondisi berbahaya yang dapat menghampiri.

4. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Nggak pede sama bentuk tubuhmu yang semakin membengkak? Jangan khawatir! Kamu dapat melakukan gerakan Zumba untuk membantu menghilangkan lemak-lemak yang ada dalam tubuh dan membut penampilanmu jadi lebih oke! Kapan lagi bisa menguruskan badan dengan cara yang menyenangkan?

Tidak cuma soal penampilan, Zumba juga bisa bikin seseorang merasa lebih nyaman dengan dirinya sendiri. Sehingga, kepercayaan diri pun meningkat. Ditambah, perubahan yang bisa dirasakan secara langsung pada suasana hati atau mood yang semakin membaik. Hal itu secara nggak langsung bikin kamu jadi berani tampil pede.

5. Mengurangi Anxiety

Sering merasakan anxiety? Coba ubah lifestylemu! Dengan menerapkan gaya hidup sehat, kamu bisa mengurangi dan mengelola rasa cemas dalam diri. Misalnya, dengan mendapatkan tidur yang berkualitas, melakukan meditasi, berolahraga secara rutin dan mengonsumsi makanan-makanan bergizi.

Nah, jenis olahraga yang paling cocok dilakukan buat kamu yang sering merasa cemas ialah Zumba. Perpaduan antara musik dengan berbagai gerakan tarian bisa membuat pikiran serta tubuhmu jadi lebih baik.

Tuh, banyak, kan ternyata manfaat gerakan zumba untuk kesehatan fisik dan mental. Kamu nggak cuma bisa punya bentuk tubuh yang ideal dalam waktu singkat, tapi juga terhindar dari anxiety. Cobain, deh! Banyak, kok, tarian zumba yang ada di Youtube dan dapat kamu ikuti!