Siapa, sih, yang nggak tahu lobster? Hewan laut yang juga dikenal sebagai udang raksasa ini punya rasa yang gurih dan lezat. Apalagi, kalau dimasak dengan kuah asam manis. Hmm, bikin air liur menetes! Ditambah, daging lobster emang lebih lembut dan gurih dibanding udang jenis lainnya.

Sama kayak hewan laut lainnya, lobster juga kaya akan berbagai kandungan gizi, terutama protein. Nah, kandungan gizi tersebut lah yang membuat lobster sangat baik dikonsumsi. Ketahui, yuk, manfaat lobster untuk kesehatan lewat ulasan berikut!

Manfaat Lobster Bagi Kesehatan

Bagi yang gemar makan seafood tentu nggak asing dengan lobster. Apalagi menu dengan bahan utama lobster emang jadi andalan di berbagai restoran seafood. Gimana enggak, bentuk, ukuran dan rasa daging hewan tersebut memang sangat menggugah selera. Mengundang kamu buat mencicipinya!

Dibalik kenikmatan lobster, tersimpan beragam kandungan gizi yang baik untuk kesehatan tubuhmu, salah satunya protein. Dalam secangkir daging lobster yang ditumis, terdapat jumlah protein yang cukup banyak, yakni sekitar 28 gram. Protein ini berguna untuk membantu pertumbuhan anak. Selain itu, lobster juga mengandung aneka vitamin, mineral dan omega-3 yang nggak kalah baik manfaatnya.

Di samping manfaat yang telah disebutkan, apa saja, sih, keuntungan mengonsumsi lobster untuk kesehatan?

1. Membantu Pembentukan Sel Baru

Protein dalam lobster memang memiliki segudang manfaat, di antaranya membantu proses pembentukan sel baru dan mengganti sel-sel yang rusak akibat luka memar serta lebam. Protein tersebut membuat luka yang kamu alami jadi lebih cepat sembuh.

2. Baik Bagi Perkembangan Sel Otak

Kandungan omega-3 pada lobster bisa menstimulus pertumbuhan dan perkembangan sel otak. Sehingga, sel otak dapat bekerja dengan maksimal. Menurut penelitian, anak yang mengonsumsi makanan dengan kandungan omega-3 punya ingatan yang lebih tajam, loh!

3. Bantu Menyembuhkan Peradangan

Asam Arakhidonat (AA) atau yang kerap disebut sebagai omega-6 merupakan salah satu kandungan yang dimiliki lobster. Nah, kandungan tersebut bekerja sama dengan omega-3 (DHA dan EPA) untuk memproduksi prostaglandin. Dengan bantuan omega-6, prostaglandin mampu membantu menyembuhkan peradangan.

4. Menyehatkan Kulit

Manfaat lobster untuk kesehatan berikutnya sehubungan dengan kulit kamu, nih! Jadi, dalam hewan itu terkandung berbagai jenis vitamin, di antaranya vitamin A dan vitamin E. Tentu kamu udah tahu kalo kedua vitamin tersebut bermanfaat untuk merawat sekaligus menjaga kelembaban kulit. Sehingga, kulit kamu bakal terlihat cantik dan sehat.

5. Membantu Pertumbuhan Tulang dan Gigi

Mineral yang terdapat pada lobster, seperti kalsium dan fosfor berguna sekali untuk menyokong pertumbuhan tulang dan gigi. Selain itu, keduanya berperan juga dalam memperbaiki struktur tulang serta gigi yang telah rusak.

6. Menstabilkan Jantung

Selain bermanfaat buat otak, kandungan omega-3 dalam lobster juga sangat baik untuk organ jantung. Omega-3 dipercaya mampu meringankan kelainan jantung pada penderita penyakit jantung, loh!

7. Mengurangi Resiko Stroke

Omega-6 nggak hanya dapat mempercepat penyembuhan radang, tapi juga membantu mempertahankan kelenturan dinding pembuluh darah. Sehingga, resiko terkena penyakit jantung koroner dan stroke dapat diminimalisir.

8. Mencegah Penyakit Kwashiorkor

Mengonsumsi lobster bisa menghindarkan kamu dari penyakit kwashiorkor atau yang berhubungan dengan malnutrisi. Kwashiorkor sendiri ditandai dengan perut membuncit dan tangan serta kaki kurus-kering. Kondisi tersebut disebabkan oleh kurangnya asupan gizi, terutama protein.

Pasti setelah mengetahui bahwa ada beragam manfaat lobster untuk kesehatan, kamu yang selalu berdiri di barisan paling depan ketika seafood tersebut disajikan tersenyum bahagia. Buat kamu yang belum pernah mengonsumsinya, coba, deh, mulai sekarang. Tapi, pastikan kamu nggak punya alergi seafood, ya!