Tentu kamu tahu kalo olahraga memiliki segudang manfaat untuk tubuh. Sayangnya, nggak sedikit orang yang malas untuk melakukannya. Padahal, jika rutin dilakukan, aktivitas itu bisa menjauhkanmu dari berbagai penyakit, menurunkan berat badan, memperbaiki postur tubuh dan masih banyak lagi.

Nggak cuma dapat meningkatkan kesehatanmu secara fisik, olahraga ternyata mampu membuatmu sehat secara mental, loh! Berikut penjelasan ilmiah tentang olahraga bisa meningkatkan kebahagiaan yang harus kamu tahu!

Olahraga Bisa Bikin Kamu Lebih Bahagia

Tahu kah kamu bahwa kurang olahraga nggak hanya menyebabkan kondisi fisikmu menurun, melainkan dapat meningkatkan resiko stress? Jadi, kalo kamu tiba-tiba merasa stress dan depresi, mungkin salah satu penyebabnya adalah karena kamu ogah-ogahan disuruh olahraga.

Ketika berolahraga, tubuhmu bakal memompa tryptophan, jenis asam amino yang bisa meningkatkan serotonin alias hormon yang berkemampuan mengurangi kadar stress. Di sisi lain, olahraga juga mampu menaikkan level dopamin dan neropinephrine, yakni dua hormon alami yang bisa memicu perasaan bahagia. Nah, hal-hal di bawah ini bakal terjadi padamu apabila rutin berolahraga:

Suasana Hati Jadi Lebih Baik

Dengan berolahraga setidaknya 10 menit, kamu dapat merasa lebih bahagia, loh! Sebab, saat berolahraga, otak bakal menghasilkan hormon dopamin, serotonin dan neropinephrine. Seperti yang telah disebutkan, ketiga hormon alami tersebut akan membuatmu merasa lebih baik serta bahagia. Jadi, kalo kamu pengen punya mood yang bagus, berolahraga lah secara teratur. Percaya, deh, kalau olahraga bisa meningkatkan kebahagiaan!

1. Stress dan Rasa Cemas Berkurang

Di poin pertama, kan, udah disebutin kalau dengan berolahraga 10 menit, mood kamu bakal meningkat. Nah, efek itu nggak cuma berlangsung saat itu saja, melainkan dalam waktu yang cukup lama. Seiring dengan berjalannya waktu, kamu akan lebih tahan terhadap stress. Depresi dan serangan panik yang sebelumnya kerap kamu alami pun perlahan mulai membaik.

2. Rasa Percaya Diri Meningkat

Minder sama penampilan dan bentuk badan sendiri? Bila nggak segera diatasi, hal ini bisa berdampak negatif bagi aspek lain dalam hidupmu, loh! Dengan berolahraga, kamu bisa merasa lebih kuat dan mandiri. Sehingga, pribadi yang lebih percaya diri pun bakal terbentuk. Tidak hanya itu, olahraga secara rutin juga dapat membuatmu merasakan transformasi pada bentuk serta kebugaran tubuh. Secara nggak langsung hal itu bisa meningkatkan rasa percaya dirimu!

3. Mental Jauh Lebih Tangguh

Tidak cuma fisikmu yang jadi lebih kuat karena berolahraga, mentalmu pun demikian. Dengan mental yang kuat dan tangguh, kamu akan lebih mampu menolerir stress. Makanya, dorong dirimu untuk berolahraga supaya mentalmu makin kuat!

4.Energi Meningkat

Olahraga emang bikin capek kalo belum terbiasa. Sehingga, nggak jarang dari kamu yang enggan melakukannya. Padahal, kalau tubuhmu sudah bisa menyesuaikan diri, efek yang didapatkan justru sebaliknya, loh! Kamu jadi lebih berenergi dan produktivitasmu pun meningkat. Sehingga, segala aktivitasmu dapat berjalan dengan lancar.

5. Tidurmu Jadi Lebih Nyenyak

Yang terakhir, rutin berolahraga setidaknya 20-30 menit per hari bisa membuat tidurmu jadi lebih nyenyak serta berkualitas, loh! Ini berguna banget buat kamu yang masih sering mengalami gangguan tidur, seperti insomnia. Dengan mendapatkan istirahat yang berkualitas, secara nggak langsung, moodmu pun bakal turut membaik!

Masih mau males-malesan kalo disuruh buat olahraga? Kamu bakal melewatkan kesempatan untuk berbahagia, loh! Sebab, apabila dilakukan secara rutin, olahraga bisa meningkatkan kebahagiaan dan membuat hal-hal negatif yang ada pada dirimu hilang!